Pendidikan Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Anak-anak
Anak-anak dapat merasa bosan untuk belajar bahasa Inggris karena anak-anak biasanya mendapatkan masalah dalam proses pembelajaran bahasa Inggris seperti sulit mengingat kata-kata karena kata-kata yang baru diperoleh dengan mudahnya akan lenyap begitu saja, yang kedua adalah pengucapan yang berbeda dari tulisan, masalah ini selalu dikeluhkan oleh siswa-siswi di Indonesia, dan yang terakhir adalah bunyinya sama tapi ternyata kata-katanya berbeda, karena bahasa Inggris kemungkinan tidak sama dengan yang dipahami (Kartini, 2017).
Para pengajar diharapkan dapat menangani peserta didik serta membuat pembelajaran yang seru sehingga anak-anak tidak dapat bosan selama pembelajaran berlangsung. Para pengajar juga harus melibatkan semua anak-anak yang ada didalam kelas untuk ikut berdiskusi bersama dan membuat nyanyian untuk mengingat kata-kata yang mereka sudah pelajari selama di kelas. Tentunya cara pengajaran bahasa Inggris pada anak berbeda-beda, tergantung usia yang anak-anak miliki, disini akan membahas anak-anak yang berusia 0-6 tahun, otak anak-anak menurut para ilmuan seperti ’spons’ yang dengan mudahnya menyerap berbagai pengetahuan yang mereka lihat, jadi sebagai pengajar tentunya harus menjadi contoh yang baik pada anak terlebih lagi peran orang tua yang dimana harus ikut andil dalam proses pembelajaran pada anak-anak, seperti orang tua mengajak berbicara satu patah kata dengan bahasa inggris atau dapat melakukan metode belajar sambil bermain tetapi para orang tua harus mengingat untuk tidak memaksakan anak-anak untuk bisa pintar bahasa inggris biarkan rasa keingintahuan mereka terhadap bahasa inggris timbul dengan sendirinya, dan tentu saja orang tua dan para pengajar harus memancing perhatian anak-anak.
Anak-anak yang dapat menggunakan bahasa Inggris dapat berpikir kritis karena pikiran terus dilatih untuk lebih kritis dan mandiri, otak akan memacu lebih keras untuk berpikir dan memahami bahasa asing. Anak-anak dapat meningkatkan akademik mereka karena kemampuan berbicara, menulis dan membaca terus diasah dalam masa pembelajaran, manfaat belajar bahasa Inggris pada anak-anak memang tidak bisa diremehkan (Inlingua, 2021).
Referensi :
Sumantri. 2021. Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Efektif untuk Anak. Medcom.id. medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/0kpoRe5b-strategi-pembelajaran-bahasa-inggris-yang-efektif-untuk-anak
Kartini, Eka. 2017. Masalah- masalah dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Blogger.com. Athayarrahman Binuang: Masalah- masalah dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah (mynewblogathayarrahman.blogspot.com)
Inlingua. 2021. Catat ! Ini 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak. Inlingua .co.id. Catat ! Ini 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak - Inlingua Indonesia
Komentar
Posting Komentar